Sistem Kelengkapan Mesin Mobil & Mekanisme Katup OHV OHC

sekedar tau aja bahwa Mesin tidak bisa bekerja secara sempurna tanpa ada sistem kelengkapan yang bekerja secara terus menerus selama mesin itu hidup..

Adapun sistem tersebut adalah

1.Sistem Pengapian (Ignition system)
2.Sistem Pengisian (Charging system)
3.Sistem Pendinginan (Cooling system)
4.Sistem Pelumasan (Lubrication system)
5.Sistem Starter (Starter system)

 

Sistem Pendinginan (Cooling system)

Sebagaimana kita ketahui bahwa motor bakar menghasilkan panas yang sangat tinggi.
Panas hasil pembakaran tersebut di rubah oleh piston menjadi tenaga gerak. Jadi untuk menjaga agar piston dan komponen lain tidak terlalu panas (over heat) maka di perlukan suatu sistem yang menjaga agar mesin dapat bekerja pada suhu optimal. Pada umumnya mesin mobil menggunakan media pendingin air karena air adalah  penyerap panas yang paling baik. tapi ada juga mesin mobil mobil yang menggunakan pendingin udara contoh mobil VW kodok.

Dalam kesempatan ini saya hanya akan menjelaskan tentang komponen, fungsi ,serta cara kerjanya

Komponen sistem pendinginan
1.Radiator
2.Kipas pendingin
3.Pompa Air
4.Thermostat
5.Tanki cadangan (reservoir tank).

Sistem pelumasan (lubrication system)

Fungsi utama dalam sistem ini adalah untuk mengurangi gesekan antara dua komponen yang bergerak sehingga komponen menjadi awet dan kerja mesin menajdi maksimal.selain itu sistem pelumasan juga berfungsi :

1.Meredam getaran yangdi hasilkan oleh mesin tersebut
2.Membantu mendinginkan mesin
3.Sebagai perapat (seal) antara piston ring dan dinding siinder.

Komponen, Fungsi dan cara kerja
Sistem pelumasan mempunyai beberapa komponen yang bekerja secara terus menerus selama mesin itu hidup di antaranya

1.Carter (panci oli)
2.Filter oli (saringan oli)
3.Pompa Oli
4.Oil gauge

sistem pengapian (ignition system)

sistem pengapian berfungsi untuk menyuplai panas yang di gunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. pada mesin diesel ,sistem ini tidak dipakai karena panas yg di gunakan pada mesin diesel menggunakan hasil kompressi.
secara umum komponen sistem pengapian konvensional yang di pakai adalah

1.baterai (aki)
2.kuncikontak
3.koil
4.platina(contak breaker)
5.kapasitor
6.distributor
7.kabel tegangan tinggi
8.busi

Mekanisme Katup OHV OHC

salam otomotif
sebagai mana yang sudah saya posting sebelumnya bahwa katup berfungsi untuk mengontrol aliran  gas pembakaran keluar masuk kedalam mesin.berbagai macam teknologi mekaniisme katup yang sekarang ini banyak di terapkan di mesin mobil seperti VVTi (toyota),Vtec(honda),VVT(suzuki),Campro(proton) pada intinya sama yaitu mensuplai abakar bakar kedalan mesin sesuai dengan waktu,kondisi,dan kebutuhan yg di perlukan mesin tersebut agar mesin dapat bekerja maksimal namun irit bensin.
diluar dari teknologi canggih mekanisme katupkali ini saya akan membahas mekanisme katup konvensional.
karena kita harus tau mekanisme dasar dulu sebelum mempelajari teknologi yang lebih canggih.
Berikut ini tipe mekanisme katup yang banyak di pakai hampir di semua mesin

1.Tipe Over Head Camshaft (OHC)
SOHC(single overhead camshaft)

DOHC(double overhead camshaft)

Pada tipe ini camshaft diletakkan di atas kepaasilinder,dan cam langdung menggerakkan rocker arm tanpa melalui lifter dan pushrod camshaft digerakkan oleh poros engkol melalui rantai atau belt(sabuk penggerak).
keuntungan tipe ini sangat responsive pada kecepatan tinggi

2.Tiper Over head valve(OHV)
Tipe ini penempatan camshaft di dalam blok mesin.di bantu lifter,pushrod.dan rocker arm
konstruksi yang agak rumit ini menjadikan tipe ini kurang responsive pada putaran tinggi sehingga tidak cocok untuk mesin dengan kecepatan tinggi.

2 thoughts on “Sistem Kelengkapan Mesin Mobil & Mekanisme Katup OHV OHC

Leave a comment