Apa Itu Vertigo?

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Assalaamu’alaykum.wrh.wbr.

Pembaca budiman, kali ini tulisanku agak beda dengan biasanya (kayak banyak yang baca aja, hehe). Agak serius dan bukan tentang keahlian amatirku. Tentang kesehatan. ^^ tepatnya tentang penyakit.

Pernah merasa pusiiiiing banget, seharian ga bisa hilang rasa pusingnya? Apakah kemana pun bergerak rasa pusing itu terus mengikuti? Bukan hanya saat bangkit dari duduk (salah satu gejala darah rendah), tapi juga duduk dari berdiri?

vertigo

Pernah? Jika iya, maka go see doctor soon. Siapa tahu kena vertigo. Apa itu vertigo?Vertigo adalah seuatu penyakit di mana penderita akan merasakan pusing luar biasa, telinga berdenging (seperti bunyi lebah atau gitar cempreng), dan penderita tingkat parah bisa jatuh pingsan. Dari informasi yang kudapat dari searching, vertigo itu dibagi dua, ada yang “setengah”, tidak semua bagian kepala terkena akibatnya, gejalanya sering terjadi tapi cepat berlalu. Satu lagi vertigo “keseluruhan”, jadi seluruh tubuh akan terasa pusing, itu berlangsung tidak sesering jenis satunya, tapi sekali kambuh akan sangat menyiksa dan susah sekali hilangnya. Aku tidak mengerti secara medisnya bagaimana, kebetulan aku bukan mahasiswi kedokteran. ^^’

Yang bisa aku ceritakan mungkin gejala-gejalanya, penyebabnya, dan “penanggulangannya”. Gejala vertigo yang sudah parah—yang aku tahu—seperti ini :

  • Kepala terasa suangaaat pusiiing. Sangat. Sekali lagi sangat. Bila kita pusing karena demam tinggi, vertigo akan memberi rasa sakit berkali lipat dari itu.
  • Bila vertigo menyerang, keseimbangan akan terganggu. Apa yang kita lihat bisa kabur, bergoyang-goyang, atau mungkin bergelombang.
  • Telinga akan berdenging, pada beberapa momen malah akan sangat mengganggu. Suara dengingan di telinga bahkan bisa terdengar saat kita lagi di ruangan ramai. Bunyinya mirip dengan bunyi yang bikin gusi ngilu. “Ngiiiiing..” gitu.
  • Bagian kepala yang terasa dipukul-pukul adalah bagian depan, kadang-kadang bagian atas kepala bisa sangat berat, semacam ada beton yang menindih dan menekannya. Bisa juga menimbulkan rasa berdenyut-denyut, seperti kita melihat tumor berdetak? Seperti itulah kira-kira.
  • Biasanya akan menurunkan focus dan konsentrasi, kita jadi susah menangkap maksud kalimat, susah untuk mengatur pikiran (memahami apa yang sedang dilakukan), ibaratnya agak nge-hang gitu. Kalau ngelihat lamaaa ke suatu focus, penderita akan pusing.
  • Terus juga bisa membuat kita serba salah, sebab setiap posisi hanya membuat tidak nyaman. Tidur pusing, bangun sakit, duduk berdenyut-denyut, pokoknya di setiap gerak-gerik rasa pusing kepala takkan hilang.
  • Vertigo bisa bikin penderitanya muntah. Aku kurang tahu kenapa bisa muntah. Paling tidak mual, dan kehilangan selera makan.
  • Menderita vertigo berarti kita akan sangat sensitive dengan bau dan goncangan. Di lalu lintas (seperti Jakarta) penderitanya akan merasa sangat pusing karena asap kendaraan, bau sampah juga. Pun dia tidak bisa naik kendaraan “gila” yang tidak menghindari lubang. Makanya susah untuk olahraga, soalnya itu akan membuat tubuh bergerak aktif (melompat-lompat). Padahal untuk orang sehat olahraga bisa sangat menyehatkan, tapi untuk yang kena vertigo? Butuh hati-hati betul.
  • Biasanya penderita vertigo juga tidak tahan dengan makanan yang MSG-nya banyak, bisa bikin pusing. Seperti mie, atau masakan yang kebanyakan bumbu penyedap—buatan pabrik—nya.

Begitulah beberapa yang aku tahu. Mungkin tidak setiap penderita mengalami ini, karena katanya vertigo itu punya tingkatan. Jadi kalau yang belum parah mungkin tidak seperti itu kondisinya. Nah, bagi teman-teman yang mungkin mengkhawatirkan keluarga atau sahabatnya, bisa melihat tanda-tanda ini :

  • Penderita yang baru kena akan mengeluhkannya, pusing dan tidak bisa berhenti.
  • Atau penderita yang sudah sering mengalaminya, satu sisi mungkin dia “membiasakan diri”,atau dia tak ingin kita khawatir.
  • Kenali dari gerak geriknya, kalau jalannya oleng, meraba-raba dinding, atau suka mengernyitkan dahinya, coba tanya apa dia baik-baik saja.
  • Vertigo itu biasanya mengikuti penyakit-penyakit seperti maag, tipes, darah rendah, demam atau lainnya. Tapi bisa juga muncul sendiri, tanpa diikuti penyakit lain. Jadi mungkin tidak terlihat pucat atau semacamnya. Gitu sih yang aku tahu.

Sebab yang mungkin bisa menyebabkan vertigo kambuh—setahuku juga—adalah :

  • Sebab awalnya aku kurang paham, tapi salah satunya adalah sifat yang memaksa diri berpikir, pernah kena migran, atau karena ada sesuatu di telinga atau kepalanya. Sedangkan tubuhnya tidak kuat.Banyak pikiran dan tekanan hidup, orang yang bawaannya seriuuus terus katanya lebih gampang terkena penyakit ini, karena saat kepala pusing dipaksa mikir akan menyiksa kepala kita.Kaget atau menangis, yang ini aku kurang tahu, tapi katanya kalau jantung kita kaget dan ngos-ngosan, itu akan membuat pusing.
  • Debu, bau,  goncangan, kelelahan, dan kurang tidur.
  • Bagi  yang menderita maag, hati-hati jika terlampau parah maka saat maag kambuh, dan asam lambung naik ke atas (yaitu di ulu hati), dokter bilang bisa merangsang vertigo kambuh. Jadi dua penyakit kambuh satu waktu.
  • Terlalu banyak nonton TV atau menghadap computer. Terutama kalau layarnya belum LCD (aku lupa namanya apa). Radiasinya itu bisa bikin pusing.
  • Setahuku, sekali kena vertigo, maka akan sangat sulit bagi penderita untuk lepas dari penyakit ini. Sama seperti maag, “main kambuh”. Kata dokter yang bisa mereka lakukan adalah membantu penderita mengurangi gejalanya, bukan membersihkan penyakitnya. Dan yang bisa penderita lakukan adalah mencegah gejalanya terjadi. Sekiranya penderitalah yang paling paham bagaimana kondisi tubuhnya.

Cara yang bisa dilakukan saat sudah terjangkit vertigo—sekali lagi setahuku—adalah sbb :

  • Jangan sampai kurang tidur dan kelelahan. Kalo bagi orang sehat akan menyebabkan kantuk, tapi bagi orang sakit akan membuat kepala pusing. Usahakan tidur tidak kurang dari 7-8 jam.
  • Kalo kambuh, pertama-tama minum air putih. Lalu coba bawa istirahat, jangan langsung minum obat. Kebanyakan obat bisa bikin ketergantungan.
  • Kalau kira-kira penyebabnya adalah tekanan batin, maka usahakan hidup dibawa santai.Jangan terlalu banyak pikiran, ya! ^^b
  • Bila perlu, kalau lagi di jalan, dan tidak naik mobil pribadi, kenakan masker. Kalau bisa sih yang dari apotik, sekitar 3000-5000 per-lima lembarnya. Akan menyaring udara yang masuk ke tubuh kita.
  • Untuk yang suka nonton atau hobi computer, tidak dilarang, tapi usahakan lima belas menit sekali selama paling tidak 15 detik alihkan pandangan mata dari layar. Insya Allah akan membantu menjauhkan kepala dari rasa pusing.
  • Bagi penderita maag akut, jangan sekali-kali telat makan!! Asam lambung bisa merangsang kambuhnya vertigo, loh. Aku tahu ini dari dokter.
  • Ke dokter. :) Obat dari dokter biasanya ampuh.
  • Senyum ^^. Usahakan banyak-banyak pikiran positif, bawa senang. Bisa mengurangi beban pikiran.
  • Jangan terlalu hemat. Makan makanan yang bergizi, ya. Buah dan madu sangat baik tuh katanya. ;) Ibuku bilang lebih baik habis uang untuk makan daripada berhemat trus sakit dan harus ke dokter, ujung-ujungnya habis juga uangnya. (Anak kos, hehe)
  • Terus lagi, minum Habatussaudah. Itu adalah obat herbal yang kalau tidak salah berasal dari timur tengah. Nama biologinya  Nigella Sativa. Ada hadisnya : “Sesungguhnya di dalam Habatussaudah (jintan hitam) terdapat penyembuh dari segala macam penyakit, kecuali kematian”. (HR. Bukhari dan Muslim). Insya Allah bikin tubuh fit. Oh ya harganya (kalau punyaku) kalau tidak salah ingat 15 ribu, isinya 200 butir.
  • Jika vertigo kambuh, maka tetaplah bersemangat, tapi jangan memaksakan diri. Istirahatlah dulu, jangan menyiksa diri. Tapi jangan putus asa, kata dokter bawa tenang. ;)
  • Berdoalah, tawakal. Perbanyak istighfar, ga cuma untuk vertigo, tapi saat penyakit lain menyerang juga. Banyak-banyak doa dan berserah diri pada Allah agar dikuatkan. Memang vertigo itu penyakit yang mengganggu hari-hari kita.

Di atas semua itu, aku ingin menyampaikan sesuatu, bagi siapa pun saudaraku di sana yang sedang sakit. Sesungguhnya sakit itu adalah penggugur dosa. Jadi, apapun yang terjadi pada kita, “That is Allah’s most wonderful way to treat us.” ^^ Semoga saudara muslim kita yang sedang sakit diberikan kesabaran dan diampuni dosanya. Aamiiin.

Dan, Semoga bermanfaat. d^^b

PS : Semua yang di atas mungkin tidak sepenuhnya benar, tapi begitulah kira-kira yang dialami seorang penderita vertigo. ^^ Begitu pula yang bisa disarankan untuk saudaraku di sana. ;)Allah bless you, Aamiin.

Sumber: http://adekfi.wordpress.com

Leave a comment