Penyakit Hati Sombong, Iri, dan Dengki dan Cara Mengobatinya

sombongHati (bahasa Arab Qalbu) adalah bagian yang sangat penting daripada manusia. Jika hati kita baik, maka baik pula seluruh amal kita:

Rasulullah saw. bersabda, “….Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR Imam Al-Bukhari)

Sebaliknya, orang yang dalam hatinya ada penyakit, sulit menerima kebenaran dan akan mati dalam keadaan kafir.

“Orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya yang telah ada dan mereka mati dalam keadaan kafir.” [At Taubah 125]

Oleh karena itu penyakit hati jauh lebih berbahaya daripada penyakit fisik karena bisa mengakibatkan kesengsaraan di neraka yang abadi.

Kita perlu mengenal beberapa penyakit hati yang berbahaya serta bagaimana cara menyembuhkannya.

Sombong

Sering orang karena jabatan, kekayaan, atau pun kepintaran akhirnya menjadi sombong dan menganggap rendah orang lain. Bahkan Fir’aun yang takabbur sampai-sampai menganggap rendah Allah dan menganggap dirinya sebagai Tuhan. Kenyataannya Fir’aun adalah manusia yang akhirnya bisa mati karena tenggelam di laut.

Allah melarang kita untuk menjadi sombong:

“Janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” [Al Israa’ 37]

“Janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia karena sombong dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” [Luqman 18]

Allah menyediakan neraka jahannam bagi orang yang sombong:

“Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong .” [Al Mu’min 76]

Kita tidak boleh sombong karena saat kita lahir kita tidak punya kekuasaan apa-apa. Kita tidak punya kekayaan apa-apa. Bahkan pakaian pun tidak. Kecerdasan pun kita tidak punya. Namun karena kasih-sayang orang tua-lah kita akhirnya jadi dewasa.

Begitu pula saat kita mati, segala jabatan dan kekayaan kita lepas dari kita. Kita dikubur dalam lubang yang sempit dengan pakaian seadanya yang nanti akan lapuk dimakan zaman.

Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya’ “Uluumuddiin menyatakan bahwa manusia janganlah sombong karena sesungguhnya manusia diciptakan dari air mani yang hina dan dari tempat yang sama dengan tempat keluarnya kotoran.

Bukankah Allah mengatakan pada kita bahwa kita diciptakan dari air mani yang hina:

“Bukankah Kami menciptakan kamu dari air yang hina?” [Al Mursalaat 20]

Saat hidup pun kita membawa beberapa kilogram kotoran di badan kita. Jadi bagaimana mungkin kita masih bersikap sombong?

‘Ujub (Kagum akan diri sendiri)

Ini mirip dengan sombong. Kita merasa bangga atau kagum akan diri kita sendiri. Padahal seharusnya kita tahu bahwa semua nikmat yang kita dapat itu berasal dari Allah.

Jika kita mendapat keberhasilan atau pujian dari orang, janganlah ‘ujub. Sebaliknya ucapkan “Alhamdulillah” karena segala puji itu hanya untuk Allah.

Iri dan Dengki

Allah melarang kita iri pada yang lain karena rezeki yang mereka dapat itu sesuai dengan usaha mereka dan juga sudah jadi ketentuan Allah.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’ 32]

Iri hanya boleh dalam 2 hal. Yaitu dalam hal bersedekah dan ilmu.

Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada jalan yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

Jika kita mengagumi milik orang lain, agar terhindar dari iri hendaknya mendoakan agar yang bersangkutan dilimpahi berkah.

Apabila seorang melihat dirinya, harta miliknya atau saudaranya sesuatu yang menarik hatinya (dikaguminya) maka hendaklah dia mendoakannya dengan limpahan barokah. Sesungguhnya pengaruh iri adalah benar. (HR. Abu Ya’la)

Dengki lebih parah dari iri. Orang yang dengki ini merasa susah jika melihat orang lain senang. Dan merasa senang jika orang lain susah. Tak jarang dia berusaha mencelakakan orang yang dia dengki baik dengan lisan, tulisan, atau pun perbuatan. Oleh karena itu Allah menyuruh kita berlindung dari kejahatan orang yang dengki:

“Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” [Al Falaq 5]

Kedengkian bisa menghancurkan pahala-pahala kita.

Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu. (HR. Abu Dawud)

Sumber: http://media-islam.or.id

132 thoughts on “Penyakit Hati Sombong, Iri, dan Dengki dan Cara Mengobatinya

    • Naudzubillah minzaliq semoga Allah menjauhkan sifat2 penyakit hati ini dan selalu dalam lindunganMU ya Allah Amin yaa robbal alamin

  1. ya Allah,dosakah aku iri dgn teman2 ku yg menikah setelah aku,tapi mereka langsung mendapatkan momongan?
    astaghfirulloh?

  2. saya seorang pengikut Yesus. saya setuju dengan penjelasan penyakit hati sombong dan iri hati dari teman teman Kaum Muslim. sangat bermanfaat buat saya. terimakasih.

    • Ini tanda toleransi beragama yg Indah dari saudara kita yg beragama Kristiani. Rumah kami diapit oleh dua Keluarga Kristiani…Dan tidak pernah selama bertetangga kami ada ganjalan dlm Hati. Bahkan kerusuhan Mei, kami bersama Ronda. Om buche n tante Martha, gbu

  3. trimakasih….semoga stelah membaca ini aq jd lbih baek….aq iri pd temen2 aq….pdahal aq mnkah bareng tp smpai saat ini aq blm di anugrahi momongan…mungkin aq hrus bersbar n g bleh iri ma temen aq

  4. Subhanawlah ????????????????? ????? ???????????? sangat bermnpAat saling mengingatkan dengn penyakit hati krna banyak yg ?? tpi sering tak dipakai ya ???????. Mudah2han saya jdi orang yg bsa dermawan walupun pda lam kea daan paspasan. ??????? ???????? ??? ????? ??????????????

  5. Syukron ya infonya, maaf setahu saya yesus itu hamba Allah & mengajak pengikutnya kpd Islam, lihatlah klo yesus itu berjenggot, & bunda mariapun memaksi jilbab & baju longgar ( gamis) kalau
    kalian pengikut yesus kenapa kalian tdk masuk islam.

    • Maaf Mbak, Di alquran kan ada lakum diinukum wa liya diin bagimu agamamu bagiku agamaku.sekali lagi Maaf cuma mengingatkan supaya kita bisa hidup rukun sebangsa dan setanah air. Untuk artikel diatas sangat bagus sekali krn sudah mengingatkan kita semua

    • hmpir semua orang pernah/sering merasa mjd (paling) yg tdk beruntung. mlihat org lain tampak (selalu) lebih (enak). tapi bila direnung dg ptanyaan: maukah bertukar “hidup” dg mereka? pasti djawab dg tidak, atau mau tetapi dg catatan, yg byk. jd: bsyukurlah.

      • bener sekali,..
        tetap bersyukur..🙂
        dan harus yakin, keberuntungan yang lebih indah telah dipersiapkan Allah bagi setiap hamba-Nya.
        tinggal bagaimana cara kita meraihnya dengan selalu berikhtiar dan berdoa..🙂
        #KeepHusnuzan

  6. jujur itulah problema yg sedang saya hadapi…saya melihat diri saya penuh dengan penyakit hati tsb…komplit gk ada satupun yg ketinggalan bahkan lebih parah lagi..saya seorang yg suka sombong..ujub..hasud ..iri..dengki..bakhil juga pemarah.saya tersiksa dgn itu semua.berbagai upaya sdh saya lakukan tp sampai saat ini penyakit2 itu blm juga hilang dari hati ini…mohon solusinya

  7. subhanaallah trimakasih bnyak dgn postinganya.,dgn bgini q bisa belajar untuk tidak menanamkan sifat2 trsebut

  8. اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنِ terimaksih ats ilmu ,mulai dari sekarang insaallah ,М̲̅ªů meninggalkan sikap seperti itu , sem0ga lancar amiiin

  9. ya memang banyak penyakit yang kita tidak sadari , terima kasih atas infonya sangat bermanfaat. kalo boleh berbagi coba sembuhkan juga dengan berpuasa. insyaallah kita akan terhindar dari penyakit hati.

  10. subhanalloh, semoga semua saudara saya yang mempunyai sifat iri ,dengki bisa disadarkan karena bisa membawa kita kedalam api neraka, kulub, godog, siksa, tah jalmi anu buruk hate, dina api nerraka

  11. Maha besar Allah. Saya tengah mengalami depressi berat. Saya berusaha untuk mengobatinya, salah satu artikel yang saya baca untuk mengobati depresi adalah mencatat setiap keadaan dimana saya merasa tertekan. Ternyata itu semua karena penyakit hati yang iri bahkan semua penyakit hati ada pada saya. Sungguh saya adalah hamba yang kafir. Blog ini mungkin jawaban atas doa saya semenit lalu yang meminta petunjuk pada Allah. Allahu akbar. Mohon doa dr teman2 sekalian agar saya dibukakan pintu maaf dan pintu hati agar bisa menerima kebenaran dr Allah SWT. Amiin

  12. Ya Allah.. Aku sedang terkena penyakit iri hati.. Orang yg kubantu malah mendapatkan hal yang kuinginkan, bahkan lebih dari apa yang bisa kubayangkan. Bahkan sampai di titik aku berharap tidak pernah mengenalnya.
    Bantu aku ya Allah, untuk bisa sembuh dan tidak menjadi lebih parah, yaitu seorang pendengki..

  13. berak kakloh jenis deki ni…aq ni jenis sombong tok tetu pasa, koya semak la kato ke……..tapi aq tra nk uboh, cumo ssh ckit la

  14. Alhamdulillah saya mjd faham setelah membaca tulisan ini. Kalau dengki dan iri sangatlah berbahaya bagi dunia maupun akhirat

  15. trimakasih atas postingannya saya dan teman teman merasa lebih memahami tentang iri dan dengki ,,,dan kami jadi lbih bisa menghindari dan mengobatinya …#insyaallah

  16. maha besar ALLAH yg menurunkan nikmat bagi hamba”x.
    ampunillah dosa hamba yg selama ini bersikap sombong iri n dengki,berikan hamba jln,jln yg bisa menuju akhirat engkau ALLAH .

  17. Alhamdulillah…. bisa jadi alarm amaliyah….
    Membaca Al Qur’an secara ajeg bisa membantu kita menghindari penyakit hati. Insyaallah.
    Syukron katsir…

  18. Alhamdulillah…. luar biasa….
    Terima kasih.
    ALLOHUMMA AGHNINA BIHALALIKA ‘AN HAROMIKA WAKFINA BIFADHLIKA ‘AMMAN SIWAK.
    NAWWIR QOLBIY…YA ROBB
    Amiinnnn

  19. Sy jg merasa msh sulit menghilangkan penyakit sombong di hati sy, meskipun unt hal2 yg kecil. Bukankah sifat senang di puji jg bagian dr kesombongan ?

  20. Makasih sudah memberitahu, saya akan coba menghilangkan rasa sombong, iri, dan dengki dalam diri saya terhadap orang lain. Aminnn

  21. Trmksh,saya merasa iri,tp hati saya slalu mengingatkan “jangan iri itu dosa dan menggerogoti amalmu,dan itu selalu memaksa hati saya seperti itu supaya tdak iri,tp besoknya lagi hati saya iri lagi yaallah sampe saya bingung cara ngilanginnya,,maaf teman tetap dosakan saya?
    Bagaimanakah cara menghilangkannya.?

  22. mohon cara mengobati iri gimana ?
    temanku selalu diatasku ya kayak sasuke, ane jadi naruto
    tolong bantuannya
    jujur hati ane sesek banget kalo ke sekolah ketemu temen ane
    apa dalem ane ada setannya ya ?
    ane juga jalanin puasa senin kamis tapi kok masi belum manjur ya

  23. alhamdulillah , sekarang saya jadi tau. iri dengki hanya boleh pada dua hal kebaikan yaitu berbagi ilmu dan rezeki ,, makasih ini sangat bermanfaat

  24. Saya iri dengan teman saya karena semua akhlak saya di lakukan oleh teman saya dari cara berkomunikasi dll.bagaana ini……?tolong solusinya.

  25. Astagfirulloh😥
    Kenapa ya terkadang aku suka iri sama tmn😥
    Temen ku di bonceng pake motor lumayan bagus sedangkan aku😥
    Ingin sekali ngerubah sikap itu😥 butuh motifasi😥

  26. knp styp saya liat cwe cantik trkdg hti q merasa iri,,dn pngin bgt jd cantik…
    itu gimana ya?apa kah itu trmasuk sifat iri dengki??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s