10 Khasiat Yogurt Bagi Kesehatan


Yogurt merupakan salah satu produk susu yang lezat dan menyehatkan. Sedikit mirip es krim namun dengan tekstur yang lebih lembut dan sensasi rasa asam. Yogurt pun bisa dinikmati sebagai camilan atau makanan penutup.

Berikut 10 Khasiat Yogurt Bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Tulang
Semangkuk yogurt yang kaya akan vitamin D dan kalsium mampu membuat tulang semakin sehat dan kuat. Kalsium juga berperan dalam menjaga kepadatan tulang sehingga mampu mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos.

2. Mudah Dicerna
Bagi orang-orang yang alergi terhadap laktosa sehingga tak bisa mengonsumsi susu, yogurt adalah pilihan tepat untuk mendapatkan nutrisi alternatif. Sebab yogurt lebih mudah dicerna dan mengandung gizi yang hampir sama seperti susu.

3. Mengandung Bakteri Baik
Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik. Probiotik tersebut bisa ditemukan dalam saluran pencernaan. Tugasnya adalah menyingkirkan bakteri jahat yang mengganggu kesehatan pencernaan. Secara tidak langsung, probiotik pun akhirnya ikut menunjang kekuatan sistem kekebalan tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Penderita hipertensi juga dianjurkan mengonsumsi yogurt. Pasalnya selain mengandung kalsium, ternyata yogurt juga kaya akan kalium. Adanya kalium dalam yogurt berperan dalam proses penurunan tekanan darah.

5. Baik Bagi Kulit
Selain dimakan, beberapa orang menggunakan yogurt sebagai masker wajah. Fungsinya adalah untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan lembut. Hal itu dikarenakan yogurt mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai pengusir sel-sel kulit mati.

6. Kaya Vitamin
Selain kalsium dan kalium, yogurt kaya akan berbagai vitamin lain yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja fosfor, vitamin B5, seng, yodium, dan riboflavin. Yogurt juga mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk menjaga kinerja sel darah merah.

7. Meningkatkan Sistem Imun
Mengonsumsi yogurt setiap hari mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sehingga penikmat yogurt tak rentan terkena penyakit, seperti demam dan flu.

8. Mencegah Infeksi Jamur
Bagi para wanita yang ingin menjaga kesehatan organ intim, menikmati yogurt adalah salah catu cara mudah untuk melakukannya. Dengan mengonsumsi yogurt, wanita berisiko lebih rendah untuk terserang infeksi jamur pada bagian intim.

9. Menjaga Kesehatan Usus
Beberapa masalah pencernaan sebenarnya bisa diatasi dengan yogurt, yaitu alergi laktosa, sembelit, dan diare. Dengan kata lain, menikmati yogurt sama dengan menjaga kesehatan usus dan pencernaan secara keseluruhan.

10. Menurunkan Berat Badan
Jika sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, jangan tinggalkan yogurt dalam menu makanan sehari-hari. Sebab menurut sebuah penelitian, konsumsi yogurt mampu mempercepat pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

 

Sumber: http://www.kaskus.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s