Khasiat Minyak Wijen untuk Kesehatan

minyak wijenBisa digunakan sebagai obat rumahan untuk mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit.

Selain digunakan sebagai salah satu bumbu untuk memasak, minyak wijen juga sering digunakan sebagai obat-obatan berkat kandungannya yang bernutrisi, serta mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit.

Minyak wijen kaya akan asam lemak omega-6, flavonoid phenolic anti-oxidants, vitamin, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan
Minyak wijen kaya akan antioksdan yang baik untuk menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang ada di sekitar kita. Antioksidan juga ampuh melawan kerusakan pada tubuh akibat beberapa jenis virus, penuaan, dan bakteri.

Diabetes
Studi yang dipublikasikan di jurnal kesehatan Clinical Journal of Nutrition menunjukkan, minyak wijen mampu menambah efisiensi obat-obatan oral yang diasup pasien diabetes tipe 2.

Perawatan kulit
Vitamin E dan B yang ditemukan dalam minyak wijen membantu mengurangi kerusakan pada kulit, serta mengantar kulit yang muda dan bersinar.

Kesehatan mulut
Minyak wijen terbukti baik untuk mencegah gigi berlubang, gusi berdarah, tenggorokan kering, juga menguatkan gigi, gusi, dan rahang.

Pilek
Menghirup sedikit minyak wijen bisa membantu melancarkan pernapasan dan hambatan di dada.

Ketombe
Mengoleskan minyak wijen ke kulit kepala bisa mencegah datangnya ketombe.

Mengurangi sodium
Studi di universitas Yale yang diterbitkan di jurnal Biology menyebutkan, mengkonsumsi minyak wijen tak hanya membantu kurangi tekanan darah, tetapi juga menurunkan level sodium pada tubuh.

Kalsium
Kalsium yang terkandung di dalam minyak wijen pun bisa mencegah pengeroposan tulang, sakit kepala, dan mengurangi gejala PMS di fase kedua siklus menstruasi.

Cegah kanker
Minyak wijen mengandung “phytate” yakni antioksidan yang sangat kuat dan merupakan zat alami antikanker. Cara kerjanya dengan memperlambat pertumbuhan beragam jenis sel-sel kanker.

Mengurangi sembelit
Minyak wijen mengandung serat yang bisa mendorong kotoran dalam perut agar mudah keluar.

Minyak pijat bayi
Studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Medical Research di tahun 2000 menunjukkan, memijat bayi menggunakan minyak wijen bisa membantu pertumbuhan bayi, juga membantu bayi tidur lebih nyenyak.

Kesehatan pernapasan
Kandungan magnesium dalam minyak wijen mencegah serangan asma, menurunkan tekanan darah dan kejang pada pembuluh darah.

 

Sumber: http://www.beritasatu.com

Leave a comment