Cara Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

Tenggorokan GatalBila istirahat malam Anda terganggu karena gatal tenggorokan, jangan buru-buru meminum obat batuk. Ada pilihan obat yang lebih alami, praktis, namun tetap efektif. Madu.

Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda tak memerlukan banyak cairan madu. Cukup gunakan 1-2 sendok teh, sesuai kebutuhan. Tambahkan seduhan teh hangat dan perasan lemon untuk efek yang lebih bagus.

Selain melegakan tenggorokan, madu juga mengandung antioksidan.

Menurut hasil penelitian terbaru, madu juga bisa memiliki efek antibakteri, sehingga bisa menjadi alternatif terapi sinusitis.

Teteskan cairan madu ke secangkir air panas. Hirup uapnya. Ini berkhasiat untuk mengurangi keluhan hidung tersumbat sekaligus menghilangkan bakteri.

Sumber: suaramerdeka.com

 

Cara Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

Gatal di tenggorokan kadang bisa sampai membuat seseorang merasa stres ketika sulit sekali untuk diobati atau diatasi. Tapi ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Kondisi tenggorokan yang gatal bisa menyebabkan batuk, atau kadang kedua hal ini bisa terjadi secara bersama-sama yang disebabkan oleh berbagai penyakit atau kondisi kesehatan.

Untuk mengatasi gatal di tenggorokan, maka hal yang sangat penting adalah mengetahui apa yang menyebabkan kondisi tersebut sehingga seseorang tahu apa yang harus dilakukannya untuk meringankan gatal yang muncul.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya tenggorokan gatal, yaitu:

1. Alergi lingkungan
2. Batuk pilek
3. Alergi makanan
4. Asma
5. Infeksi di saluran pernapasan
6. Iritasi akibat lingkungan seperti debu atau udara kering

Jika gatal tenggorokan yang dialami disertai dengan kesulitan bernapas, ruam yang muncul bersama dengan gatal maka sebaiknya segera cari pertolongan medis karena ada kemungkinan tanda-tanda reaksi alergi anafilaksis yang bisa mengancam jiwa.

Namun jika hanya tenggorokan gatal saja, maka ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti dikutip dari Timesofindia, Jumat (24/8/2012) yaitu:

1. Minum madu, diketahui madu terbukti efektif menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu yang dikonsumsi bersama dengan teh jahe bisa lebih membantu.

2. Permen pelega tenggorokan, mengonsumsi permen bisa membantu mengeluarkan air liur sehingga mengurangi kekeringan serta gatal yang muncul di tenggorokan.

3. Berkumur dengan air garam, buatlah air hangat yang ditambahi sedikit garam lalu berkumur-kumur sebelum tidur.

4. Jika sedang musim dingin cobalah menggunakan pelembab udara, karena jika lingkungan kurang lembab bisa memicu gatal di tenggorokan.

(ver/ir)

3 thoughts on “Cara Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s