Cara Pembuatan Yakult

Cara Pembuatan Yakult Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Kata Ilmu akan share artikel mewgenai Cara Pembuatan Yakult. Yakult adalah minuman susu fermentasi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Yakult berawal dari susu bubuk skim yang difermentasikan. Selain itu, yakult memiliki rasa yang lezat untuk sebuah minuman kesehatan. Untuk membuatnya dibutuhkan bahan-bahan seperti bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup, susu bubuk skim, sukrosa, glukosa, perisai, air. Bahan-bahan itu nantinya akan diproses dengan langkah-langkah yang telah dianjurkan seperti di bawah ini.

Berikut ini adalah tahapan-tahapannya:

  • Tangki Pelarutan. Yang pertama dilakukan Proses Pembuatan Yakult, yaitu bahan-bahan utamanya seperti air, glukosa, susu bubuk skim dicampurkan menjadi satu dan ditampung ke dalam tangki pelarut.
  • Tangki Pembibitan. Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain terlebih dulu disiapkan dan dikembangbiakkan ke dalam tangki pembibitan ini.
  • Tangki fermentasi. Kemudian bakteri Lactobacillus casei Shirota strain dijadikan satu dengan campuran pertama dari air, glukosa, susu bubuk skim tadi. Ke dalam tangki fermentasi dengan suhu 37?C selama 6 sampai 9 hari.
  • Dilanjutkan dengan proses homogenizer dengan pengawasan yang ketat.
  • Tangki Pencampur. Hasil dari tahapan di atas (proses homogenizer) ditambah dengan sirup dan disimpan di dalam tangki pencampuran.
  • Tangki Penampung. Selanjutnya proses  dicampur kembali dengan air yang telah sterilisasi dan ditampung dalam tangki.
  • Mesin Pembuat Botol. Sebagai penjamin higienitas dari produk ini, pembuatan botol dilakukan oleh Yakult Indonesia sendiri. Dari kemasan botolnya juga telah diberi informasi tentang kandungan nutrisinya,masa kedaluarsa yakult, dan lainnya.
  • Mesin Pengisi. Sesudah minuman yakult telah siap, di isikan ke dalam botol. Pengisian minuman yakult ini pun juga dilakukan oleh mesin untuk menjamin higienitasnya.
  • Mesin Pengepakan. Botol-botol yang telah terisikan selanjutnya dikemas, dengan satu packingnya ada 5 yakult.
  • Ruang Pendingin. Setelah selesai dikemas, botol yang berisikan yakult tersebut disimpan dalam ruang pendingin. Guna menjamin kualitas dari minuman kesehatan ini. Untuk penyimpanannya sendiri harus di bawah suhu 10?C.
Tahapan yang telah dilaksanakan prosesnya seperti di atas, tinggal kemudian mendistribusikannya. Distribusi dijalankan ke pelanggan langsung (Direct Sales) untuk dikirimkan ke toko-toko dan supermarket. Dapat juga melalui penjualan oleh ibu-ibu Yakult lady untuk pengirimnya ke rumah secara langsung.[ki]

– See more at: http://www.katailmu.com/2014/03/cara-pembuatan-yakult.html#sthash.QEDsuGjy.dpuf

AYO MENGENAL YAKULT DAN MEMBUAT YAKULT (SUSU FERMENTASI)

 

Bro sudah biasa minum yakult..? tahu gak yakult berasal dari mana…? mau gak membuat yakult…? oke mungkin kita bahas satu-satu dahulu bro.

SEJARAH

Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain. 

Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan (Sumber: www. Yakult.co.id).

Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia (Sumber: www. Yakult.co.id).

Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan (Sumber: www. Yakult.co.id).

Menurut Margawani (1995), Lactobacilllus casei adalah galur unggul yang mudah dan cocok untuk dikembangbiakkan dalam minuman dasar susu. Selain bakteri ini mampu bertahan dari pengaruh asam lambung, juga mampu bertahan dalam cairan empedu sehingga mampu bertahan hidup hingga usus halus.

Peranan lain terhadap kesehatan manusia adalah

  • untuk memperbaiki penyerapan kalsium pada usus,
  • melancarkan buang air besar,
  • penyerapan bahan karsinogenik,
  • membunuh bakteri patogen dan bersifat anti tumor
  • memberi efek menguntungkan pada usus halus dengan meningkatkan keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

Nah kalo pembuatan yakult (susu fermentasi) skala rumahan begini nih.

PEMBUATAN YAKULT

Bahan

  • Susu skim atau Susu UHT (1000 ml)
  • Produk “yakult” (100 ml).
  • Larutan gula pasir 100 ml

Alat

  • Panci pemanas.
  • Kompor.
  • Termometer.
  • Pengaduk.
  • Botol kaca.

PROSES PEMBUATAN

  1. Rebus susu skim atau susu UHT sebanyak 1 liter sampai mendidih selama 60 detik.
  2. Siapkan botol kaca, bersihkan dengan air dingin kemudian tutuplah ujung botol. Agar botol tersebut steril, maka rebuslah botol tersebut dalam air mendidih selama 60 detik.
  3. Angkatlah botol tersebut dari air panas, kemudian keringkan tanpa membuka tutup botol.
  4. Masukkan susu yang telah direbus, ke dalam botol. Biarkan hingga suhu botol dan susu tersebut kira-kira mencapai 45°C.
  5. Masukkan 200 ml yakult ke dalam 1000 ml susu.
  6. Tutup kembali botol tersebut, kemudian simpan dalam tempat tertutup dan hindari sinar matahari secara langsung.
  7. Setelah 24 jam, susu dalam botol telah berubah menjadi yakult.
  8. Tambahkan gula (kira-kira 1 sendok makan per 200 ml yakult). Yakult siap dikonsumsi.
  9. Yakult akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin atau ditambah es batu
Oke brother tertarik untuk mengkonsumsi dan membuat yakult..?

One thought on “Cara Pembuatan Yakult

  1. Apa masih sama kandungan bakterinya sama yakult yang asli.kalo yang asli 1 botol 65 ml kandungan bakteri Lcasei shirotha strain 6,5milyar.tapi jumlah itu bisa mengalami penurunan dalam proses pendistribusian sampai ke tangan pelanggan.trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s