Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol

Bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami? Mungkin pertanyaan itu sempat terlintas di benak anda yang saat ini sedang mengeluhkan penyakit kolesterol. Jangan khawatir, beberapa saat lagi and akan tahu cara mudah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

 

Ada banyak metode yang digunakan untuk mengobati dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Baik itu secara medis, maupun secara tradisional. Berikut ini adalah solusi untuk menurunkan kadar kolesterol dengang menggunakan bahan alami yang bahan-bahannya dapat kita peroleh dengan mudah di lingkungan sekitar kita dan telah terbukti sangat efektif mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

 

 

 

Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol

 

 

 

Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol

 

Tanaman Kubis

 

Kubis atau yang biasa juga disebut kol adalah jenis sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan utama sayuran yang sangat populer, baik itu sebagai bahan untuk membuat sayur soup, capcai, tumisan, karedok, dll. Mungkin kita sedikit bertanya-tanaya, mengapa kol dapat dijadikan sebagai penurun kadar kolesterol? Berikut ini faktanya. Kubis atau kol telah diketahui mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Selain itu kubis juga memiliki kandungan senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.

 

Cara Pemakaian: Cuci kubis hingga bersih, lalu bilas dengan air matang. Potong-potong seperlunya, lalu dijus. Air sari kubis diminum sekaligus, lakukan setiap hari. Atas izin-Nya, kadar kolesterol tinggi yang anda derita akan segera stabil dan sembuh.

Buah Belimbing manis

 

Rasanya yang manis, menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki buah yang sering disebut dengan Star Fruit ini. Selain bisa dijadikan sebagai jus, atau campuran rujak, belimbing memiliki manfaat yang luar biasa dalam menurunkan kadar kolesterol. Hal ini karena kadungan serat tinggi yang terdapat pada belimbing dapat mencegah penyerapan lemak, sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga dapat memperlancar pencernaan. Sementara kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk antikanker.

 

Bahan: 2 buah belimbing manis ukuran besar
Cara Pemakaian: Buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan malam, masing-masing 1 buah.

 

Bawang putih

 

Salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain digunakan untuk menambah citarasa atau aroma masakan dapur kita, telah terbukti secara rklinis bahwa bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh kita, yaitu cara alami menurunkan kolesterol.

 

 

Bawang putih mengandung bahan aktifnya s-allyl cysteine, serta suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.

 

Bahan: 1-2 siung bawang putih
Cara Pemakaian: Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

Buah Alpukat

 

Alpukat. Ya, ketika mendengar nama buah yang satu ini, ingatan kita pasti tertuju pada jus alpukat. Tidak sedikit orang yang menggemari buah alpukat ini. Memiliki rasa yang unik dan telah banyak para pakar kecantikan kulit yang telah memanfaatkannya untuk kecantikan kulit dan wajah. Ternyata bukan hanya terpaku pada rasa dan manfaatnya untuk kecantikan, alpukan juga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. 

 

 

Pada alpukat dapat ditemukan kandungan asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.
Bahan:  1 buah alpukat matang
Cara Pemakaian: Buah alpukat dimakan mentah. Lakukan setiap hari.

 

 

Cara Mencegah Penyakit Kolesterol

 

 

 

Selain mengkonsumsi beberapa jenis bahan alami penurun kolesterol di atas, kita juga harus menjalani gaya hidup yang sehat, agar proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat. Berikut ini adalah langkah untuk mencegah kolesterol jahat:

 

  1. Menurunkan berat badan yang berlebih
  2. Berhenti merokok
  3. Rajin olahraga
  4. Cek kesehatan secara rutin
  5. Makan makanan yang rendah kalori
  6. Minum teh hijau

 

Itulah beberapa ramuan herbal yang sangat efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi. Bagi anda yang saat ini memiliki keluhan penyakit kolesterol, jangan tunggu sampai parah. Segera lakukan pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol anda dengan beberapa bahan alami tersebut, karena selain terbukti sangat ampuh, bahan-bahannya juga sangat mudah untuk didapatkan di lingkungan sekitar kita dan yang pasti tanpa efek samping. Terima kasih anda telah berkunjung dan menyimak inforamsi Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s