Cek Kondisi Kesehatan Melalui Penampakan Urine

home urine testSebagai organ utama yang berfungsi untuk menyaring dan membuang kelebihan cairan dan produk sisa dari darah, cairan yang dikeluarkan lewat ginjal, yakni urine, bisa mengandung informasi berharga mengenai kesehatan kita.

Berikut adalah 5 jenis gangguan kesehatan yang bisa kita lihat melalui urine.

1. Berwarna jernih
Warna atau “konsentrasi” urine bisa menceritakan apakah Anda sudah cukup minum air atau tidak. Jika urine Anda berwarna kuning gelap, ini bisa mendandakan Anda dehidrasi. Ketika kita kekurangan cairan ginjal akan menyimpan cairan dalam tubuh sehingga kita memproduksi sedikit urine. Dehidrasi juga bisa memicu batu ginjal. Karena itu konsumsi cukup air setiap hari. Jika warna urine Anda kuning bening, berarti Anda sudah cukup minum air.

2. Warna dan aroma
Sederhananya, jika warna urine Anda tak lagi berwarna kekuningan, Anda perlu waspada. Memang perubahan warna itu bisa saja karena pengaruh makanan atau obat. Beberapa jenis makanan dan juga suplemen vitamin bisa menyebabkan warna urine berubah dan berbau menyengat. Tetapi jika pola makan Anda biasa saja tapi ada yang tak biasa pada warna urine, mungkin ini saatnya Anda perlu melakukan pemeriksaan dokter.

3. Kerusakan ginjal
Protein pada urine adalah pertanda awal gangguan ginjal, terutama pada orang yang menderita diabetes. Protein pada urine bisa menghasilkan buih berlebih pada urine yang tak mudah hilang. Jika Anda beresiko tinggi menderita kerusakan ginjal; yakni berusia di atas 60 tahun, menderita diabetes, hipertensi, atau punya riwayat keluarga sakit gagal ginjal, lakukan pemeriksaan kadar protein secara teratur.

4. Gejala diabetes
Kata “diabetes” sebenarnya berarti sering buang air kecil. Ketika kadar gula darah tinggi di peredaran darah dan tubuh tidak bisa memproses secara efektif, ginjal akan bekerja keras untuk menyingkirkan gula tersebut. Jika urine Anda berbau “manis”, ini bisa menandakan ada gula dalam urine tersebut.

Adanya gula di urine bisa menunjukkan penyakit diabetes atau pradiabetes. Untuk memastikannya Anda perlu melakukan diagnosis lebih lanjut di laboratorium. Penyakit diabetes perlu diwaspadai karena ini penyebab utama gangguan ginjal.

5. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih merupakan masalah umum pada wanita. Penyakit ini timbul ketika bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra dan berkembang biak. Kebiasaan menahan pipis, kehamilan, hubungan seksual, hingga virulensi bakteri tertentu bisa memicu terjadinya infeksi ini. Gejala penyakitnya antara lain rasa panas ketika berkemih, sering merasa ingin pipis, dan ada darah dalam urine. Biasanya dengan pengobatan antibiotik penyakit ini akan sembuh.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s