Tips Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat memang sebuah kata yang selalu membuat kita jengkel dan bete. Jerawat tidak hanya dialami oleh remaja yang katanya pada masa remaja ini terjadi perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak pada kulit, tapi juga dialami oleh orang dewasa. Sampai – sampai seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia, Kligmann berpendapat bahwa “tidak ada satu orang pun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”.
Penyebab timbulnya jerawat karena pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Selain itu juga jerawat dapat disebabkan oleh factor genetic / keturunan, menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, iritasi pada kulit, pola hidup yang tidak sehat dan stress yang berlebihan.


Cara mencegah jerawat muncul:

  1. Kulit wajah harus selalu bersih saat di rumah
  2. Jangan memakai kosmetik saat tidur kecuali cream perawatan yang sudah dianjurkan
  3. Gunakan cleansing sesuai dengan jenis kulit (berminyak atau kering)
  4. Cukup minum air putih
  5. Sering makan sayur dan buah – hindari makanan yang berlemak
  6. Tidur yang cukup dan teratur
  7. Bebaskan pikiran Anda dari hal – hal yang membuat Anda stress
  8. Syukuri hidup Anda

Jika Jerawat tidak lagi terkendali dan muncul di wajah Anda dan meninggalkan bekas yang membuat Anda minder, berikut tips menghilangkan bekas jerawat:
Cara 1: Oleskan madu pada bekas jerawat setelah wajah Anda dibersihkan. Gunakan madu ini secara teratur setiap sebelum tidur sampai bekas jerawat menghilang
Cara 2: Gunakan masker nanas. Caranya sediakan nanas secukupnya, kemudian giling hingga halus. Lalu terapkan pada wajah Anda secara merata. Diamkan masker nanas ini selama 20-30 menit. Kemudian bilas dengan bersih.
Cara 3: Gunakan masker apel. Cara penggunaanya sama dengan masker nanas. Tumbuk sampai halus kemudian gunakan masker ini pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas sampai bersih.
Cara 4 : Ubi kayu. Parut ubi kayu yang telah dibersihkan. Kemudian peras air ubi kayu yang telah diparut dan gunakan perasan air ubi kayu tersebut pada wajah Anda. Gunakan selama seminggu secara teratur.
Cara 5 : Ketimun. Iris ketimun dengan tipis kemudian tempelkan irisan ketimun pada wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selam 30 menit kemudian basuh.

One thought on “Tips Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

  1. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat, menjaga kesehatan kulit wajah memang memerlukan treatment khusus. Terutama bagi wajah yang sensitif, perawatan wajah dapat dilakukan dari luar maupun dalam tubuh, untuk perawatan dari luar tubuh dapat menggunakan kosmetika yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, untuk perawatan dari dalam tubuh dapat menggunakan suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s