Umat meninggalkan al-Qur’an, akibatnya?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Berkatalah Rasul:”Ya Rabbku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan al-Qur’an ini sesuatu yang tidak diacuhkan”. (QS. al-Furqan: 30)

Ada beberapa bentuk meninggalkan al-Quran. Setiap bentuk memiliki perbedaan kadarnya dengan yang lainnya, sebagaimana telah disebutkan oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah.

Adapun bentuk-bentuk meninggalkan al-Quran sebagai berikut.

Pertama, tidak mau mendengarkannya, mengimaninya, dan memerhatikannya. Hal itu telah menyelisihi perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala,

“Dan, apabila dibacakan Al-Quran, dengarkanlah baik-baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. al-A’raaf: 204).

Kedua, tidak mengamalkannya dengan tidak memerhatikan apa yang telah dihalalkan dan diharamkannya walaupun ia membacanya dan mengimaninya. Padahal, dalam ayat yang disebutkan di atas, al-Quran adalah petunjuk ke jalan yang lurus. Berarti, jika tidak melaksanakan al-Quran, kesesatan menjadi sebuah kepastian.

Ketiga, tidak mau berhukum dengan al-Quran, baik dalam masalah akidah maupun yang lainnya. Kemudian, menganggap bahwa al-Quran tidak memberikan keyakinan dan lafaz-lafaznya tidak menghasilkan keilmuan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Dan, Kami turunkan kepadamu Alkitab (al-Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS an-Nahl : 89).

Keempat, tidak merenungkannya, memahaminya, dan tidak berusaha untuk mengetahui keinginan Sang Pembicara di dalam al-Quran, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Firman Allah,

“Maka, apakah mereka tidak memerhatikan Al-Quran? Kalau kiranya Al-Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS. an-Nisa: 82).

Para musuh Islam berusaha keras untuk menjauhkan kaum muslimin secara personal maupun kelompok dari sumber utama kekuatannya yaitu al-Quran. Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh al-Quran sendiri mengenai target rahasia mereka dalam memerangi kaum muslimin dalam firman-Nya:

“Dan orang-orang yang kafir berkata:”Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan al-Qur’an ini dan buatlah hiruk-pikuk terhadapnya, supaya kamu dapat mengalahkan (mereka).” (QS. Fushshilat: 26)

Kesibukan kita terhadap al-Qur’an kini diganti dengan sinetron-sinetron dan acara televisi lainnya, musik dan konser-konsernya, dan segala bentuk yang melalaikan kita dari al-Qur’an yang sebenarnya dibalik itu adalah peran dari kuffar dan munafik untuk mengalihkan kita dari Islam, dari petunjuk Allah, al-Qur’an.
Jauhnya umat terhadap al-Quran merupakan suatu masalah besar yang sangat fundamental dalam tubuh kaum muslimin. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya Allah mengangkat beberapa kaum dengan Kitab (al-Quran) ini dan menghinakan yang lain dengannya pula.” (HR. Muslim)

Heru Sriwidodo penulis buku “Inspiring Qur’an” menyatakan, tidak sedikit kaum muslimin yang memperlakukan al-Qur’an lebih rendah dari buku pelajaran sekolah padahal kitab suci itu merupakan pedoman yang menginspirasi Muslim mencapai sukses hidup di dunia dan akhirat. Bahkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berhasil mengubah masyarakatnya dengan al-Qur’an. “(Umat) Islam ‘mundur’ karena meninggalkan Al Qur’an,” katanya.

Menurut Heru, keberhasilan umat Islam di masa lampau membentuk dan menguasai peradaban dunia selama 700 tahun sebelum bangsa-bangsa Barat maju adalah karena mereka berpegang teguh pada al-Qur’an. Namun umat Islam kemudian mengalami kemunduran setelah mereka meninggalkan al-Qur’an.
Ringkasnya, ketika umat Islam telah jauh dari Kitabullah, maka musibah dan malapetaka serta segala jenis penyakit hati akan datang silih berganti, sebagaimana yang saat ini kita lihat sendiri secara kasat mata.

Sumber: facebook/muhammad SAW Uswatun Hasanah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s