UbuntuME 8.04.1

Tim developer Ubuntu Muslim Edition (UbuntuME) memberi kita pilihan beberapa versi release (pemunculan)-nya. Secara umum perbedaannya terletak pada pembaruan sistem dasar Ubuntu (induknya), yaitu menggunakan kernel (sistem inti) Linux yang lebih baru, banyak perbaikan dan pengembangan, serta memaketkan program-program aplikasi dengan versi baru pula. Sedangkan secara khusus banyak penjelasannya atau perinciannya mengenai Ubuntu Muslim Edition. Di bawah ini saya coba tuliskan perbedaan-perbedaan khusus antara versi 7.10 dengan 8.04.1 .

Sebagai catatan mengenai tanggal rilis: Tanggal rilis Ubuntu Muslim Edition selalu menyusul beberapa minggu setelah distro resmi Ubuntu hadir. Namun angka versi UbuntuME tetap sama dengan Ubuntu versi resminya.

Antara Versi 7.10, 8.04, dan 8.04.1

Versi 7.10 menggunakan basis Ubuntu resmi (induknya) yang dirilis pada bulan Oktober 2007 (Anda perhatikan penggunaan angka bulan dan tahunnya). Begitu pula versi 8.04 yang dirilis pada April 2008. Sedangkan khusus versi 8.04.1 adalah berbasiskan Ubuntu 8.04 yang telah di-update pada bulan Juli 2008.

Secara dukungan official (resmi), Ubuntu 7.10 (standar induknya) didukung atau dilayani oleh Perusahaan Canonical selama 18 bulan. Sedangkan Ubuntu 8.04 dan 8.04.1 didukung secara LTS (Long Term Support) selama 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server.

Secara fisik, UbuntuME 7.10 dikemas dengan pilihan media instalasi 2 keping CD atau 1 keping DVD. Begitu pula Ubuntu Muslim Edition 8.04 disediakan dua pilihan media yaitu 2 keping CD atau 1 keping DVD. Tetapi untuk UbuntuME 8.04, terdapat beberapa kekurangan atau cacat pada pemaketan program-program aplikasi yang disertakannya. Saya tidak merekomendasikan penggunaan UbuntuME 8.04, sehingga tidak saya bahas mengenainya di sini. Jauh berbeda dengan UbuntuME versi 8.04.1, versi ini hanya menyediakan media instalasi fisik 1 keping DVD (untuk sementara ini). Tetapi UbuntuME versi terbaru ini perbedaannya sangat dengan versi-versi sebelumnya. UbuntuME 8.04.1 menyertakan program-program tambahan yang jauh lebih banyak dan lebih lengkap dari versi-versi sebelumnya!

Secara sistem inti, kernel yang digunakan versi 8.04.1 adalah versi kernel yang terbaru. Dan ternyata sudah mendukung arsitektur prosesor Intel Atom yang mulai banyak dipakai pada netbook, contohnya pada laptop mini Axioo Pico.

Sedangkan secara pemaketan tambahan program-program aplikasi (selain program-program standar bawaan Ubuntu official) saya paparkan di bawah ini. Aplikasi yang tersedia langsung di UbuntuME 8.04.1 saya beri warna hijau.

1. Zekr (baca: dzikr). Sebuah aplikasi studi Al-Qur`an. Mungkin bisa juga disebut Al-Qur`an digital. Zekr dapat digunakan untuk mendengarkan dan menyimak teks-teks Al-Qur`an yang dibacakan. Selain itu dapat menampilkan arti ayat-ayatnya (tidak disertai tafsir / penjelasan).

Versi CD hanya menyediakan pilihan pembacaan dari dua imam masjid, yaitu syaikh Ali Al-Hudzaifi dan syaikh Al-Minsyawi. Sedangkan versi DVD menyediakan empat pilihan; dua imam tadi ditambah syaikh Al-Ghamidi dan syaikh Al-’Afasi.

Pada UbuntuME 7.10 teks ayat-ayat yang ditampilkan Zekr tidak sehalus yang ditampilkan pada 8.04.1.

Zekr pada UbuntuME 7.10 (yang lebih lama) seingat saya menyertakan fitur searching terjemahan, malah pada 8.04.1 tidak disertakan. Saya baca pada website pembuat Zekr, insya Allah pada versi Zekr terbaru akan ada lagi fitur ini. Jadi kita bisa menginstal penggantinya.

2. Hijra (baca: hijrah). Aplikasi penanggalan hijriah.

Pada versi 8.04.1 tampil lebih bagus.

3. Monajat (baca: munajat). Program untuk menampilkan teks doa-doa secara otomatis pada waktu-waktu tertentu.

Hanya ada di versi 8.04.1

4. Minbar (baca: mimbar). Program perhitungan jadwal shalat yang dapat ditambahkan rekaman adzan.

Ada di versi 7.10 dan 8.04.1

5. Thwab (baca: tsawab). Program ensiklopedia “sederhana” yang mencakup berbagai cabang ilmu Islam (berbahasa Arab) dan ilmu-ilmu komputer (berbahasa Inggris), sekaligus dapat digunakan sebagai kamus bahasa Arab-Inggris dan Inggris-Arab.

Hanya ada di versi 8.04.1

6. Kumpulan program pendidikan sekolah dari Edubuntu. Contohnya: KStars dan Stellarium sebagai simulator planetarium, Kalzium program interaktif unsur-unsur kimia, KTurtle sebagai aplikasi pembelajaran pemrograman komputer untuk anak-anak, KTouch dan Tux Type untuk belajar mengetik sepuluh jari, KBruch sebagai alat bantu belajar pecahan matematika, dan beberapa aplikasi pendidikan sekolah yang lainnya.

Hanya ada di versi 8.04.1

7. Platform Java telah terinstall.

Tersedia di versi 7.10 dan 8.04.1

8. Dukungan Bahasa Arab yang relatif lengkap. Diantaranya disertakannya banyak jenis huruf (font) Arab, juga setting desktop (tampilan layar) berbahasa Arab. Terminal (console / command line) juga dapat menerima input huruf-huruf Arab.

Tersedia di versi 7.10 dan 8.04.1

9. Disertakannya jenis-jenis font tambahan, termasuk dari lingkungan Windows seperti Times New Roman dan Arial.

Tersedia di versi 7.10 dan 8.04.1

10. GNUCash. Aplikasi akuntansi.

Hanya tersedia di 8.04.1

11. Adobe Reader 8.1.2. Pembaca dokumen berformat PDF.

Hanya tersedia di 8.04.1

12. CHM Viewer. Aplikasi pembuka file-file CHM (format Microsoft Help) yang sering digunakan sebagai format dokumentasi manual dari Microsoft atau sebagian buku-buku elektronik (ebook).

Hanya ada di versi 8.04.1

13. Scribus. Aplikasi pengolah layout halaman buku atau publikasi.

Hanya tersedia secara di 8.04.1

14. Inkscape. Program pengolah gambar vektor. Menjadi saingan Corel Draw yang komersial.

Hanya tersedia di 8.04.1

15. Wallpaper Tray. Penampil kilasan gambar-gambar wallpaper dengan tampilan thumbnail pada pojok tray.

Tersedia di 7.10 dan 8.04.1

16. Skype. Aplikasi VOIP atau telepon via internet.

Hanya tersedia di 8.04.1

17. Transmission Bittorent Client.

Ada di 7.10 dan 8.04.1

18. VLC. Aplikasi pemutar file audio dan video termasuk secara streaming.

Ada di versi 7.10 dan 8.04.1

19. Ogle. Pemutar DVD multimedia.

Ada di 7.10 dan 8.04.1

20. CompizConfig Settings Manager (CCSM). Tertampil di menu dengan nama “Advanced Desktop Effects Settings”. Aplikasi manajemen setting efek desktop tiga dimensi (3D).

Hanya ada di 8.04.1

21. Compiz Fusion Icon. Akses cepat ke CompizConfig Settings Manager.

Hanya ada di 8.04.1

22. Pessulus. Tertampil sebagai “Lockdown editor” atau kakasan pengunci setting desktop. Jika komputer kita dipasang di tempat umum, kita bisa mengunci settingan desktop agar orang lain tidak seenaknya mengubah-ubah tampilannya.

Hanya tersedia di 8.04.1

23. StartUp-Manager. Aplikasi untuk memilih setting penyalaan awal komputer (saat booting).

Seingat saya hanya tersedia di 8.04.1

24. Alternatives Configurator. Bagi para pengguna tingkat lanjut, program ini dapat dijadikan alternatif sebagai alat pengaturan berbagai program.

Hanya ada di 8.04.1

25. EnvyNG. Aplikasi untuk mendownload sekaligus menginstall driver kartu grafis (VGA card).

Hanya ada di 8.04.1

26. Ubuntu Tweak. Program untuk mempercepat proses loading awal serta untuk mengatur beberapa perilaku desktop.

Hanya ada di 8.04.1

27. Virtual Box OSE. Program dengan GUI untuk mengemulasikan hardware virtual agar dapat menjalankan berbagai jenis sistem operasi secara virtual pula. Setelah saya coba ternyata masih membutuhkan satu atau dua file tambahan agar aplikasi ini berjalan dengan semestinya.

Hanya ada di 8.04.1

28. Clamtk. Aplikasi frontend (antarmuka grafis) untuk antivirus-scanner ClamAV. Beberapa sumber menuliskan bahwa aplikasi ini dapat bekerjasama dengan jaringan komputer berbasis Windows untuk memeriksa dan menghapus virus-virus yang melewatinya.

Hanya ada di 8.04.1

Kesimpulannya, UbuntuME versi 8.04.1 telah memaketkan program-program yang jauh lebih beragam daripada versi-versi sebelumnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s